Sunday, April 15, 2007

Membangun Optimisme


Bilamana kita berkesempatan untuk menjelajah banyak tempat di tanah air, yang aku rasakan adalah bersyukur. Dimana kakkiku melangkah, terasa sekali, betapa luasnya tanah airku ini. Tiada rasa lelah, terlebih merasa menyesal sebagai warga negara Indonesia. Walau, acapkali aku merasakan kepedihan melihat tanah air yang tidak tergarap secara optimal, namun aku yakin bahwa kita ke depan akan lebih baik. Entah kenapa, aku merasa selalu optimis, manakala melihat dan berbincang-bincang banyak saudaraku di pelbagai tempat di tanah air.
Aku merasa bersyukur dapat mengenali beragam sudut kehidupan di tanah tercinta Indonesia. sebuah negeri yang luas, beragam bahasa, beragam manusia dan Indonesia benar-benar negara yang sangat mengagumkan. Karenanya, senantiasa aku banyak memperoleh pelajaran, manakala mempunyai kesempatan mengenal banyak saudara-saudaraku di mluar Jawa. Inilah sebuah negri dengan optimisme. Sebuah negeri yang akan besar, manakala kita mempunyai pemerintahan yang bersungguh-sungguh menannamkan komitmnen terhadap perubahan sosial yang lebih baik ke depan.
Pada bagian lain, sesungguhnya pemerintah Jakarta harusnya malu,karena belum berhasil mengelola keluasan tanah air Indonesia.