Friday, December 09, 2005

Melompat



Siapa yang mampu melompat jauh ? Kita ? Terlalu banyak orang yang mengira dirinya mampu melompat jauh ke depan. Sulit rasanya kita dapat menemukan orang melompat, sebab melompat akan kita hadapi,manakala kita menemukan suatu tempat yang tidak kita jangkau dengan cara melangkah. Dan, perihal melompat itu, mempunyai kesan memaksakan diri. Setidaknya, terdapat unsur memaksakan diri- diluar kemampuan kita sendiri. Ada ruang yang memaksakan kita untuk melakukan sesuatu yang terlampau jauh.

Sikap membatasi diri dalam kapasitas,memang, sulit untuk sekedar disadari. Terlalu banyak sikap yang sengaja dilebih-lebihkan, sehingga, kita terjerembab dalam upaya melompat. Kita, akhirnya terpuruk. Setidaknya terjerembab. Kemudian, baru menyadari, betapa terbatasnya manusia hidup di dunia ini.

Cara kita menyadari keterbatasan inilah, yang membawa masyarakat terjebak pada banyak hal. Termasuk kehidupan yang serba konsumtif, hutang luar negri yang begitu banyaknya, dan beragam kebiasaan bangsa ini, yang jatuh karena kita terlalu jauh melompat. Adakah cara yang salah dalam melompat. Kita, telah jatuh dalam lompatan itu. Masuk dalam permainan yang salah dalam lompatan. Kita tidak menyadari semuanya.

No comments: