Friday, April 14, 2006

Sebuah Buku


Yang anda lihat ini adalah sampul buka "MAN IN THE DARK" yang baru saja saya terbitkan untuk kepentingan pencatatan dan analisa beragam persoalan politik kontemporer di Indonesia. Sudah pasti, karena sekadar catatan, maka esay politik ini jauh dari sempurna.

Kenapa harus berbahasa asing (baca: Inggris) ? Jawabnya sangat sederhana. Buku ini memang tidak diterbitkan oleh penerbit dari Indonesia. Sampai saat ini, saya sendiri tidak mengerti; kenapa justru penerbit asing yang berminat dengan proposal penulis essay polik kontemporer Indonesia. Terlebih, tulisan-tulisan yang terangkum dalam buku ini bukan dibuat oleh orang yang cukup diperhitungkan dalam penulisan di Indonesia.

Saya menyadari, bahwa sudah cukup lama saya meninggalkan dunia tulis menulis untuk media umum di Indonesia. Rasanya banyak keterbatasan ruang untuk hanya sekedar menulis artikel pendek di media main-stream di Indonesia. Banyak hal saya merasa kurang berhasil menyampaikan pikiran-pikiran secara bebas, sebab karena keterbatasan ruang yang bersangkutan. Pada bagian lain, saya juga menyadari bahwa untuk masalah pemuatan, kita harus antri panjang, untuk kemudian diterbitkan di sebuah media yang saya pandang cukup terhormat. Selebihnya, selamat mambaca buku sederhana ini.


Salam



Nor Pud Binarto